Saturday, November 21, 2020

,

Pengalaman Menukar uang Khusus 75 Di Bank Indonesia Yogyakarta

 Hey Para pembaca! kali ini saya akan membagikan tentang pengalaman saya dalam menukar uang khusus 75 di Bank Indonesia Yogyakarta.


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa uang 75 ribu rupiah ini merupakan edisi khusus saat perayaan HUT RI yang ke 75 pada tahun 2020. Pada awalnya setahu saya hanya limited edition, namun sekarang setiap warga negara bisa menukarnya.

Untuk mendapatkan uang ini, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Yang pertama adalah mendaftar melalui situs pintar.bi.go.id akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

Tampilan depan dari situs pintar.bi.go.id

pada situs tersebut, anda bisa memilih berbagai menu yang ada. Jika ingin menukar uang 75 ribu maka tinggal mengisi data tentang pemilihan propinsi, penukaran dan tanggal.


setelah memilih maka anda akan dibawa ke halaman berikutnya seperti ini :


pada halaman ini anda dapat memilih tanggal dan jam untuk jadwal pengambilan uang tersebut, setelah memilih maka anda akan dibawa ke halaman berikutnya untuk pengisian data diri.



hanya perlu mengisikan nomor KTP dan nama lengkap sesuai KTP kita dan alamat email yang aktif karena akan dikirimkan bukti pemesanan untuk kemudian dicetak jika perlu, tapi hanya dengan membawa bukti email/screenshoot saja sudah cukup kok.



ini adalah bukti pemesanan yang saya dapatkan setelah mendaftar, lalu kita tinggal datang ke hari dan jam yang telah ditentukan saat kita memesan.


Sebelumnya di postingan kemarin di link ini => klik disini <= saya sehari sebelumnya juga datang ke Bank Indonesia untuk menukar uang rusak pada hari Kamis, lalu hari Jumatnya saya datang lagi untuk menukar uang 75.

Untuk penukaran uang 75 kodenya adalah B

karena saya datang sangat pagi (Sekitar jam 7, dan pelayanan dimulai sekitar jam 9.20 WIB) maka saya dipersilakan untuk menunggu dengan duduk di bawah tenda yang telah disediakan.


tenda ini berada di sebelah kanan pintu masuk, jadi kita terlindung dari panas dan banyak tersedia kursi sehingga tidak perlu menunggu sambil berdiri, dan tidak capek tanpa harus rebutan kursi.


Setelah jam pelayanan dimulai, seperti kemarin, kta diharuskan bediri sesuai dengan urutan antrian, lalu diarahkan untuk menggunakan hand sanitizer dan pengecekan KTP. Setelahnya kita akan masuk ke pintu utama, tas harus diletakkan ke conveyor belt untu di lakukan X-Ray dan kita melewati pintu metal detector.


Setelahnya akan diarahkan ke sebelah kiri ke ruang tunggu dan menunggu panggilan nomor, saat sudah dipanggil cukup tunjukkan bukti pemesanan dan KTP kepada petugas, maka akan segera diproses.

oh iya siapkan juga uang sebesar 75.000 rupiah untuk ditukarkan.


setelah itu kita bisa langsung keluar dan menandatangani bukti pengambilan uang.





Berikut ini beberapa Tips dari saya.

1. Datang lebih awal lebih baik, walaupun menunggu lumayan lama tapi suasananya enak dan sejuk terlebih disediakan tempat dibawah tenda untuk menunggu, jika merasa bosan, bisa membawa buku bacaan,

2. Siapkan KTP karena akan diperiksa

3. Siapkan uang senilai 75.000 untuk ditukarkan

4. Membuka situs pintar.bi.go.id melalui browser laptop/komputer karena saya mencoba membuka memakai HP selalu gagal.


demikan pengalaman saya, jika merasa penting mohon dibagikan kepada yang lain. terimakasih sampai jumpa di pengalaman berikutnya

Lokasi: Jl. Panembahan Senopati No.4-6, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

TInggalkan pesan anda, berikan saran agar saya lebih baik lagi kedepannya! :)