Monday, February 16, 2015

#BracesDiary Hari 1 - Pemasangan Behel

Jadi, hari ini tanggal 16 Februari 2015 gw resmi memakai behel atau nama lainnya kawat gigi. Seperti di postingan sebelumnya, gigi gw yang susunannya berantakan perlu untuk dirapikan.

gw memasang behel ini di "Bright Dental" jalan Palagan, Yogyakarta. Ditangani oleh drg. Rini Tri Handayani, SP. Ort.

Pada pertemuan sebelumnya gw udah disuruh buat rontgen biar tau apakah ada keluhan dalin dari gigi gw, setelah diliat-liat sama bu dokter, gigi gw baik-baik aja, akar-akar giginya bagus, kepadatan giginya oke (Iya lah secara gw rajin sikatan hihihi)

akhirnya saatnya tindakan pemasangan bracket, gw tiduran di kursi pasien sambil mangap. Ada kali 45 menitan lebih gw harus mangap, tentunya dibantu penyangga dan kapas-kapas tebal.

pertama-tama, gigi gw di scaling buat ngilangin karang gigi karena bisa mengganggu. Scaling selesai, lalu gigi gw dibaluri cairan biru-biru rasanya masam! yang gw asumsikan adalah cairan pembersih biar nggak ada kuman-kuman.

setelah gigi gw bersih, sama dokter lalu di keringkan dengan alat yang mengeluarkan angin cukup kencang buat ngeringin gigi-gigi. Satu persatu dudukan kawat dilem pada gigi dan disinari dengan cahaya biru-biru yang gw ngga tau namanya apa, yang pasti supaya lem giginya cepet kering.

setelah dudukan terpasang, maka saatnya menjalin dengan kawatnya. Beberapa kali bu dokter memakai alat yang entah namanya apa, buat kawatnya diputer-puter karena ada beberapa gigi yang letaknya ekstim sehingga harus diikat.

semua prosedur telah selesai dan behel pun telah terpasang. seperti ini fotonya.

tampak depan

rahang atas

tampak samping kiri

tampak samping kanan

tampak mangap 1

tampak mangap 2
pada foto "Tampak Mangap" 1 dan 2 terlihat di rahang bawah gw ditambahi pengganjal, itu terjadi karena letak gigi di rahang atas dan bawah gw 'bertabrakan' sehingga dipasang pengganjal untuk memberikan ruang bagi pergerakan gigi lainnya.

Dengan terapsangnya pengganjal tersebut, gw jadi nggak bisa mengunyah, alhasil untuk beberapa waktu kedepan saya nggak bisa makan dengan mengunyah, jadi harus mencari alternatif makanan lain.
Ada yang bisa kasih tau makanan apa?? please!

oh iya, saya baca-baca di internet katanya pasang kawat gigi itu bukun ngilu, sakit, dan lain-lain.. habis baca-baca sempet ciut juga niatnya, tapi dengan keteguhan hati saya tetap melaju dan tak ada waktu untuk melihat kebelakang *plak

dan dari apa yang saya rasakan, NGGAK SAKIT SAMA SEKALI, memang mulut terasa penuh, karena ketambahan volume dari kawat gigi tersebut, dan agak sedikit terasa pegal-pegal.. tapi kalo sakit sih nggak/

Kedepannya, kemungkinan besar saya akan cabut 4 gigi, tapi dokter saya ini akan meminimalisir pencabutan, sehingga pencabutan gigi nggak dilakukan di awal tapi seiring jalannya waktu aja.

oke, 2 minggu lagi saya janjian dengan bu dokter, harus rajin konsultasi kalo mau cepet kelar perawatannya. hihi

Selfie dulu ah!
NB : Saat diminta untuk pilih warna karet pengikat, saya pilih yang bening soalnya belum PD buat pake yang warna-warna hihihi

17 comments:

  1. Adik saya juga pasang, bekas cairan biru itu gigi jadi belang putih. Dan sudah 1 minggu ini warnanya belum hilang.pengalaman mbak gimana, apakah sama atau gimana? Takutnya gk bisa ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo @Husein Ws, saya sudah selesai perawatan behelnya.. bisa dilihat di postingan ini http://lynx-rouluhi.blogspot.co.id/2017/09/bracesdiary-hari-ke-bye-behel-welcome.html

      Delete
  2. haloo mas Husein WS.. maaf balesnya kelamaan hhehe
    saya nggak ada pengalaman itu mas, gigi setelah cairan biru itu diaplikasikan gak lama kemudian kan suruh kumur2.. jadi saya gak ada sisa cairannya :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. haloo mbak Erlyn, maaf baru balas yaa..
      saya akhirnya dicabut 4, yaitu 2 rahang atas dan 2 di rahang bawah.. ceritanya ada di postingan selanjutnya hehe :D
      pencabutan akhirnya dilakukan karena ternyata rahang saya ruangnya kecil tapi gigi saya besar-besar..

      Delete
    2. wah sama aku pingin juga pasang tapi takut sakit pas dicabutnya

      Delete
    3. haloo mbak @Erlin, saya sudah selesai perawatan behelnya.. bisa dilihat di postingan ini http://lynx-rouluhi.blogspot.co.id/2017/09/bracesdiary-hari-ke-bye-behel-welcome.html

      Delete
  4. mba, boleh tau ngga biayanya berapa? di rs mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo mbak Ranny G, maaf ya baru balas..
      saya pemasangan 4,5 jt. itu belum termasuk scan tulang rahang serta biaya pencetakan bentuk gigi.. kalo ditotal 5 juta.
      lalu tiap bulannya kontrol 65 ribu.
      jika ada kawat yang perlu diganti atau ada bracket yang copot nanti ada biaya tambahan lagi hehe

      Delete
    2. oh iya, saya pasangnya di Bright Dental..klinik gigi yang ditangani oleh dokter spesialis ortho jadi bukan dokter gigi biasa..

      Delete
    3. haloo mbak @Rianny G, saya sudah selesai perawatan behelnya.. bisa dilihat di postingan ini http://lynx-rouluhi.blogspot.co.id/2017/09/bracesdiary-hari-ke-bye-behel-welcome.html

      Delete
  5. Mbak mau tanya dong, itu pas pasang pertama x, ada yg di cabut gigi nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Demas90, maaf ya baru balas..
      saat pemasangan pertama nggak ada yang di cabut giginya.. tapi seiring berjalannya waktu dan memperhatikan pergerakan gigi ternyata rahang saya memiliki ruang yang kecil sedangkan gigi saya besar-besar..jadi tindakan pencabutan dilakukan saat udah hampir setengah tahun pasang..

      Delete
    2. haloo @Demas90, saya sudah selesai perawatan behelnya.. bisa dilihat di postingan ini http://lynx-rouluhi.blogspot.co.id/2017/09/bracesdiary-hari-ke-bye-behel-welcome.html

      Delete
  6. hallo kak, aku mau nanya, selama kk pakai kawat gigi gigi geraham kecil ke 2 nya ada yang goyang gak? kok aku goyang gtu gigi gerahmnya dan sakit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Welma Putri..
      iya saya juga pake bracketnya di geraham kecil itu..memang sakit karena kan digerakkan supaya posisinya jadi berubah.. sakitnya cuma 3 harian kok abis itu biasa lagi hehe

      Delete
    2. haloo @Welma putri, saya sudah selesai perawatan behelnya.. bisa dilihat di postingan ini http://lynx-rouluhi.blogspot.co.id/2017/09/bracesdiary-hari-ke-bye-behel-welcome.html

      Delete

TInggalkan pesan anda, berikan saran agar saya lebih baik lagi kedepannya! :)